Tidak ada yang lebih penting dalam menentukan nilai piringan hitam Anda daripada kondisinya! Ya, kelangkaan dan minat relatif penting, tetapi seorang kolektor atau pembeli akan membayar lebih untuk piringan hitam dalam kondisi Very Good Plus daripada yang dalam kondisi Good Plus.

Namun, saya menemukan bahwa sebagian besar orang dengan koleksi memiliki penilaian yang berlebihan tentang kondisi piringan hitam mereka. Saya tidak tahu berapa kali saya mendengar orang-orang yang berpikir mereka tahu apa yang mereka bicarakan memberi tahu saya, "Piringan hitam saya semuanya Mint!" 

Kenyataannya adalah bahwa sebagian besar piringan hitam, terutama dari sebelum tahun 1970-an, tidak dalam kondisi yang mendekati Mint atau Near Mint. Itulah sebabnya seorang kolektor bersedia membayar harga yang tinggi untuk piringan tersebut jika ia harus memilikinya.

Artikel ini mencantumkan nilai untuk piringan dalam kondisi Near Mint. Piringan dalam kondisi yang lebih jelek bernilai sebagian kecil dari harga Near Mint.

Bagi sebagian besar kolektor, Very Good adalah peringkat terendah di mana mereka bersedia membayar lebih dari harga obralan. Dan beberapa bahkan tidak mau melakukannya. Piringan hitam dengan peringkat  rendah mungkin dibeli sebagai cadangan, sampai diperoleh yang lebih baik, atau sebagai spesimen piringan hitam yang benar-benar langka yang sulit ditemukan dalam kondisi apa pun.

Umumnya, piringan hitam dijual dengan dua peringkat, satu untuk piringan hitam (vinyl record) dan satu untuk sampul (sleeve). Namun ada beberapa pengecualian, album tanpa sampul mungkin tidak begitu berharga, demikian juga sampul tanpa album. Jika sebuah album dinilai VG untuk sampul dan VG+ untuk piringan hitam, tambahkan dua nilai bersama dan bagi dengan 2 untuk mendapatkan perkiraan kasar untuk "peringkat gabungan".

Sebagian besar piringan hitam dinilai secara visual. Ini karena sebagian besar penjual memiliki dalam jumlah yang banyak  - bisa ratusan ribu dalam beberapa kasus - dan mereka tidak punya waktu untuk memainkan seluruh stok mereka. Konon, beberapa cacat mudah dilihat, seperti goresan (scratch) dan lengkungan (warp). Lainnya mungkin tidak terlihat, seperti keausan alur karena menggunakan jarum piringan hitam (stylus) murah atau tidak dikalibrasi dengan benar. Sudah pengalaman kami bahwa piringan hitam yang lebih tua (1950-an sampai sekitar 1971) cenderung bermain lebih baik daripada yang terlihat, dan piringan hitam yang lebih baru (setidaknya sampai 1989) cenderung bermain lebih buruk daripada yang terlihat.

Saat menilai piringan hitam Anda, lakukan di bawah cahaya yang kuat. Lihatlah semuanya dengan cermat, dan kemudian berikan peringkat berdasarkan pengamatan keseluruhan Anda.

Beberapa piringan hitam akan layak untuk nilai yang lebih tinggi kecuali untuk cacat seperti tulisan, perekat atau retakan kecil. Selalu sebutkan ini saat menjual piringan hitam! Untuk beberapa kolektor, ini tidak akan relevan, tetapi bagi yang lain, ini akan menjadi faktor pembatalan transaksi. Untuk semuanya, ini penting untuk diketahui.

Juga, beberapa piringan hitam dibuat hanya untuk tujuan promosi. Sekali lagi, selalu sebutkan apakah piringan hitam adalah salinan promo saat mengiklankannya untuk dijual!

Salah satu hambatan untuk perkembangan lebih lanjut dari koleksi piringan hitam adalah penilaian yang buruk dan kurangnya konsensus tentang apa yang merupakan piringan hitam atau sampul “Very Good Plus” atau “Near Mint”. Selama bertahun-tahun, Panduan Pemeringkatan Goldmine telah mencoba untuk menstandarkan ini. Sekarang panduan paling banyak digunakan untuk pembelian dan penjualan album vinyl record; banyak lelang eBay dan situs Web yang menggunakannya. Tetapi kami menyadari bahwa ada banyak variabel untuk memeringkat piringan hitam. Sebagai penjual, Anda lebih baik menilai secara konservatif dan mengejutkan pembeli dengan kondisi yang lebih baik dari yang diharapkan, daripada dengan menilai berlebihan dan kehilangan pelanggan.

Berikutnya adalah nilai standar untuk album piringan hitam, dari yang terbaik hingga yang terburuk.

MINT (M)

Ini sangat sempurna dalam segala hal. Sering disebut tetapi jarang terlihat, Mint tidak boleh digunakan sebagai nilai kecuali jika lebih dari satu orang setuju bahwa piringan hitam atau sampul benar-benar dalam kondisi ini. Tidak ada persentase tertentu dari nilai Mint yang dapat diberikan; sebaiknya dinegosiasikan antara pembeli dan penjual.

NEAR MINT (NM ATAU M-)

Deskripsi yang baik dari rekaman NM adalah "sepertinya baru saja datang dari toko ritel dan dibuka untuk pertama kalinya." Dengan kata lain, hampir sempurna. Banyak penjual tidak akan menggunakan nilai lebih tinggi dari ini, menyiratkan (mungkin dengan benar) bahwa tidak ada piringan hitam atau sampul yang benar-benar sempurna.

Piringan hitam NM mengkilap, tanpa cacat yang terlihat. Tulisan, stiker, atau tanda lain tidak boleh muncul pada label, juga tidak boleh ada "cacat sumbu" dari seseorang yang mencoba memainkannya di atas meja putar (turntable). Cacat pabrik utama juga harus absen; piringan hitam dan label yang dicetak tidak sempurna bukanlah Near Mint. Jika dimainkan, tidak terdengar suara kebisingan permukaan. (Catatan NM tidak harus "tidak pernah diputar"; piringan hitam yang digunakan pada turntable yang sangat baik dapat tetap NM setelah banyak bermain jika disk dirawat dengan benar.)

Sampul NM bebas lipatan, keausan cincin, dan belahan sambungan apa pun.

CATATAN: Ini adalah standar tinggi. Piringan hitam atau sampul dari tahun 1950-an harus memenuhi standar yang sama dengan rekor dari tahun 1990-an atau 2000-an untuk menjadi Near Mint! Diperkirakan bahwa tidak lebih dari 2 hingga 4 persen dari semua piringan hitam yang tersisa dari tahun 1950-an dan 1960-an benar-benar Near Mint. Inilah sebabnya mereka memiliki harga tinggi, bahkan untuk barang-barang yang lebih umum.

Jangan hanya berasumsi bahwa album Anda Near Mint. Mereka harus memenuhi standar ini untuk memenuhi syarat!

VERY GOOD PLUS (VG+) atau EXCELLENT (E)

Deskripsi VG+ yang benar adalah "kecuali untuk beberapa hal kecil, ini adalah Near Mint." Sebagian besar kolektor, terutama mereka yang ingin memainkan album mereka, akan senang dengan catatan VG+, terutama jika itu mendekati kelas high-end (kadang-kadang disebut VG++ atau E+).

Catatan VG+ mungkin menunjukkan beberapa tanda keausan, termasuk lecet ringan atau goresan yang sangat ringan yang tidak mempengaruhi pengalaman mendengarkan. Lengkungan sedikit yang tidak mempengaruhi suara OK. Tanda-tanda minor pemakaian juga OK, seperti tanda-tanda tanda di sekitar lubang tengah, tetapi pemakaian berulang tidak merusak lubang. Mungkin ada beberapa keausan cincin yang sangat ringan atau perubahan warna, tetapi harus hampir tidak terlihat.

Sampul VG+ hanya boleh memiliki cacat kecil. Sampul VG+ mungkin memiliki sedikit cacat di sambungan yang sangat kecil atau terbelah (kurang dari satu inci) di bagian bawah, lokasi yang paling rentan. Juga, sampul VG+ mungkin memiliki beberapa cacat, seperti tanda cut-out. Sampul dengan tanda cut-out tidak pernah dianggap Near Mint.

VERY GOOD (VG)

Banyak ketidaksempurnaan yang ditemukan pada album VG+ lebih terlihat jelas pada album VG. Oleh sebab itu, album VG yang biasanya dijual tidak lebih dari 25 persen dari nilai album NM adalah harga yang murah, karena sebagian besar "uang besar" berlaku untuk salinan yang lebih sempurna. Bagi banyak pendengar, piringan hitam atau sampul VG sudah cukup memadai.

Piringan hitam VG memiliki kelemahan lebih jelas daripada yang dalam kondisi yang lebih baik. Mereka kekurangan sebagian besar kilau (gloss) asli yang ditemukan pada album yang baru keluar dari pabrik. Keausan alur (groove) terlihat jelas, seperti juga goresan ringan yang cukup dalam yang bisa dirasakan dengan kuku. Saat dimainkan, piringan hitam VG memiliki kebisingan permukaan, dan beberapa goresan mungkin dapat didengar, terutama di bagian yang lembut dan di bagian awal atau akhir piringan. Tetapi kebisingan tidak akan mengalahkan suara musik.

Tulisan kecil, selotip, atau stiker mungkin terdapat di label. Banyak kolektor yang memiliki jukebox akan menggunakan piringan hitam VG di dalamnya dan tidak berpikir dua kali. Mereka tetap memberikan pengalaman mendengarkan yang baik, hanya saja tidak sama seperti jika dalam kondisi yang lebih baik.

Sampul VG memiliki banyak tanda pemakaian. Keausan cincin (ring wear) di bagian tengah atau di sepanjang tepi penutup tempat piringan berada, terlihat jelas, meskipun tidak berlebihan. Beberapa lipatan mungkin terlihat. Pengelupasan sambungan akan lebih jelas; mungkin ada di ketiga sisi, meskipun tidak akan terlihat jelas saat melihatnya. Seseorang mungkin telah menulis atau mencap label harga juga.

GOOD (G), GOOD PLUS (G+) atau VERY GOOD MINUS (VG–)

Album ini berharga 10 hingga 15 persen dari nilai Near Mint, jika Anda beruntung.

Good bukan berarti buruk! Piringan hitam masih dapat dimainkan tanpa lompatan (skipping), sehingga dapat berfungsi sebagai cadangan hingga diperoleh yang lebih baik. Tetapi memiliki kebisingan permukaan dan keausan alur yang signifikan, dan labelnya aus, dengan keausan cincin yang signifikan, coretan yang banyak, atau kerusakan yang jelas disebabkan oleh seseorang yang mencoba melepaskan selotip atau stiker dan gagal total. Sampul GOOD atau VG-  memiliki keausan cincin yang cukup signifikan, memiliki cacat sambungan yang jelas terlihat dan mungkin memiliki banyak coretan, seperti, misalnya, surat stasiun radio besar yang ditulis di bagian depan untuk mencegah pencurian.

Jika albumnya gampang diperoleh itu, mungkin lebih baik untuk melewatkannya. Tetapi jika Anda telah mencarinya dalam waktu yang lama, dapatkan dengan murah sambil mencari yang lebih baik.

POOR (P) dan FAIR (F)

Piringan hitam Poor (P) dan Fair (F) bernilai 0 hingga 5 persen dari nilai Near Mint, jika mereka dapat dijual. Lebih mungkin berakhir di tempat sampah. Piringan hitam retak, melengkung secara tidak wajar, atau lompatan (skipping) dan / atau pengulangan suatu bagian saat dimainkan. Sampulnya sangat rusak.

Hanya barang-barang yang paling langka yang pernah terjual lebih dari beberapa sen dalam kondisi ini - sekali lagi, jika mereka dapat terjual.

Sumber: https://www.goldminemag.com/collector-resources/record-grading-101